Sabtu, 14 Januari 2012

Teknologi Unicam Honda, Gabungan SOHC-DOHC


Teknologi lama sih, tapi boleh lah kita bahas lagi. Namanya Unicam, mekanisme buka tutup klep ala special engine Honda. Teknologi Unicam ini dipakai di semua motor trail kompetisi Honda, mulai CRF450R, CRF250R sampai CRF150R.
Uniknya, ini adalah perpaduan dari single overhead camshaft (SOHC) dan double overhead camshaft (DOHC). Pada SHOC hanya ada satu cam yang fungsinya membuka-tutup klep hisap dan buang, untuk medorong klep ada rocker arm yang menghubungkan cam dan klep. Sedang DOHC ada dua cam yang masing-masing mendorong langsung klep buang atau hisap tanpa rocker arm.
Tanpa rocker arm, DOHC lebih baik karena friksi atau gesekan antar komponen berkurang. Kelembaman massa saat putaran tinggi juga makin kecil. SOHC lebih unggul secara dimensi lebih ringkas. Coba perhatikan head silinder mesin DOHC seperti  Satria FU150 atau Ninja 250R tampak lebih besar.
Nah kalau yang Unicam beda, cam-nya memang cuma satu tapi tonjolannya ada 3 sampai 4. Dua tonjolan cam langsung menekan klep hisap atau klep masuk layaknya prinsip kerja DOHC. Tonjolan yang lain menekan klep buang dengan bantuan rocker arm layaknya motor SOHC.
Keuntungannya, secara performa tetap baik layaknya motor DOHC, tapi ringkas. Kepala silindernya jadi lebih kecil, cocok untuk motor trail yang ramping-ramping. Konon bongkar-pasang part-nya juga jadi lebih gampang loh.
Sayangnya konstruksi ini belum ada yang diaplikasi di motor harian. Padahal jauh lebih baik ketimbang SOHC biasa tapi tetap bisa bikin ramping mesin, motor juga jadi lebih kompak. Misalnya pengen bikin Honda BeAT, tetep ramping tapi tenaga mumpuni, bisa pakai konstruksi ini.
**********

Fan Page FB = Nata Nawar Vandita
Follow Twitter @Nata_Dragon

Tidak ada komentar:

Posting Komentar