Selasa, 24 Januari 2012

Hot News: Honda Vario 125 Injeksi Sudah ACG Starter, Double Start Halus


Khabar gembira bro, info terbaru dari telik sandi DF bahwa Honda Vario 125 Injeksi sudah mengaplikasi ACG Starter. Itu loh, singkatan dari Alternating Current Generator. Perangkat tersebut selain menjadi altenator sekaligus sebagai elektrik starter engine. Seandainya info tersebut benar, maka starter Vario 125 suaranya persis seperi PCX. Halusss…. tanpa bletakkk….!!!
Info tersebut DF peroleh dari seorang rekan di Honda. “Saya enggak lihat ada motor starter-nya. Sepertinya sudah ACG,” ungkapnya yakin. Kita tunggu saja, semoga rekan DF ini enggak salah lihat.
Meskipun sudah ACG, tapi Vario 125 PGM-FI belum mengadopsi fitur Indling Stop Syste m (ISS). Kenapa ya…??? ACG tetap diaplikasi untuk menunjukkan bahwa Honda mampu menciptakan skutik dengan elektrik starter yang halus. Dan motornya sendiri gak harus mahal, sekelas Vario 125 pun sudah bisa ACG starter.

Mesin Vario 125 PGM-FI ini juga dirancang  sebagai global product. Artinya mesin 125 cc ini nantinya akan diaplikasi ke banyak tipe motor. Kecenderungan seperti ini makin jelas terasa akhir-akhir ini. Contoh paling gampang, Honda Spacy dengan satu mesin diproduksi kemana-mana. Di Asia Tenggara, Jepang hingga Eropa.
Kalau mesin matik 125 cc ini diproduksi di banyak negara, production cost-nya jadi lebih murah. Dan ACG ini kan bukan perangkat opsional tapi benar-benar satu kesatuan dengan komponen lainnya makanya tetap ada.
Sedangkan fitur ISS sebenarnya opsional saja di luar mesin. Asal mesin sudah ada ACG langsung bisa dipasang ISS. Karena ISS membutuhkan ACG, sehingga saat mesin menyala secara otomatis setelah mati bisa dilakukan tanpa hentakan.
Sayangnya ISS membutuhkan beberapa perangkat tambahan. Baik hardwae atau software. Hardware seperti penambahan sensor di jok dan speed sensor. Sedang sensor lain kaya thottle position sensor dan temperature sensor bisa menyatu dengan sensor injeksi. Selain itu dibutuhkan pula modul khusus ISS.
Lega bukannn…??? Dobel starter Vario 125 injeksi bakalan maknyussss….!!!

1 komentar:

  1. bagusan vario lama deh,itu kata anak2 motor di surabaya...

    BalasHapus