Kamis, 26 Januari 2012

Inikah Tampang KTM 690 Duke Buat Balap WSBK Junior…???

Beberapa waktu lalu berbagai ruang informasi online ramai membahas European Junior Cup (EJC) alias balap WSBK Junior yang di tahun 2012 ini bakal mengganti tunggangan balapnya dari Ninja 250 ke KTM Duke 690. Hal ini sebenarnya agak “wagu” mengingat balap EJC ini dipersiapkan untuk jenjang karir ke WSBK.
Kenapa DF bilang wagu alias aneh…??? Soalnya KTM Duke 690 merupakan motor bertipe naked bike semi supermoto. Yang pasti cara nungganginnya sangat-sangat berbeda dibandingkan dengan sportbike apalagi sebagai penjenjangan ke balap WSS apalagi WSBK. Jadi DF agak sangsi jika KTM Duke 690 bakal bener bener dipakai balap dengan bentuk naked bikenya.

So, kemungkinan balap yang dimulai akhir Februari nanti tidak menggunakan KTM Duke 690 dalam bentuk naked bike melainkan dimodifikasi sebagai race bike. Caranya…??? Di Eropa sana tuner alias modifikator motor banyak menyediakan kit modifikasi mengubah kelamin  motor mulai dari naked bike bahkan special engine (SE) buat jadi race bike tulen!
Salah satunya adalah Mototech asal Jerman yang beberapa waktu lalu baru melaunching produk barunya. Bahkan pas banget karena kit modifikasi ini memang diperuntukkan buat KTM Duke 690. Jangan jangan malah Mototech udah tau hal ini makanya sudah mempersiapkan road race kit buat KTM 690 ya?
Kit ini dibanderol 4000 poundsterling atau kira kira 56 jutaan dalam rupiah belum termasuk motor. Hasilnya KTM 690 dengan modification kit dari Mototech ini menghasilkan racebike yang lincah dengan tenaga 70dk (standar) dengan berat hanya 125 kilogram!
Ringan tapi cukup powerful buat pembalap pemula. Dengan bentuk dan posisi riding ala motor sport fairing seenggaknya para pembalap EJC bisa dengan mudah beradaptasi jika nanti naik kelas ke supersport 600cc ketimbang jika mengendarai Duke dalam bentuk naked bike supermoto.
Gimana menurut anda…???

Tidak ada komentar:

Posting Komentar