Sabtu, 21 Januari 2012

Cerita Dibalik Kesuksesan yamaha... tak lepas dari masa lalunya yang insfiratif.

      Mari Kembali ke sejarah Yamaha, lebih dari seratus tahun sampai 1887 ketika Torakusu Yamaha mendirikan perusahaan, yang mulai memproduksi organ reed. Yamaha Corporation di Jepang (Nippon Gakki Co kemudian, Ltd) telah tumbuh menjadi produsen terbesar di dunia garis penuh instrumen musik, dan produsen terkemuka audio / visual produk, semikonduktor dan produk komputer lain yang terkait, barang olahraga , peralatan rumah dan perabotan, khusus logam, peralatan mesin, dan robot industri.

   
Yamaha Motor Corporation, Ltd, dimulai pada tanggal 1 Juli 1955, adalah bagian utama dari kelompok seluruh Yamaha, tapi merupakan suatu entitas bisnis yang terpisah dikelola dari Yamaha Corporation. Yamaha Motor Corporation adalah produsen sepeda motor terbesar kedua di dunia. Yamaha Motor Corporation memiliki anak perusahaan di Amerika Serikat disebut Yamaha Motor Corporation, Amerika Serikat, yang menangani sepeda motor saja, tetapi juga salju ponsel, golf cart, mesin tempel, dan kendaraan air di bawah nama merek Yamaha juga.

   
Pada tahun 1954 produksi sepeda motor pertama dimulai, 125cc silinder tunggal sederhana dua-stroke. Ini adalah salinan dari desain DKW Jerman, dimana Perusahaan BSA Inggris juga disalin dalam era pasca-perang dan diproduksi sebagai Banten.

   
Yamaha pertama, YAI, dikenal penggemar Jepang sebagai Akatombo, para "Red Dragonfly", membentuk reputasi sebagai mesin baik dibangun dan dapat diandalkan. Keberhasilan Racing membantu meningkatkan popularitas dan mesin kedua, YCI 175cc segera di produksi.

   
Sepeda motor Yamaha yang dirancang pertama adalah YDI silinder kembar yang diproduksi pada tahun 1957. Versi balap, memproduksi 20bhp, memenangkan perlombaan Gunung Asama tahun itu. Produksi masih sederhana di 15.811 sepeda motor, jauh lebih kecil dari Honda atau Suzuki.

   
Perusahaan tumbuh pesat selama tiga tahun berikutnya dan pada tahun 1959 memperkenalkan model sport pertama yang ditawarkan oleh sebuah pabrik Jepang, silinder kembar YDSI dengan lima kecepatan gearbox. Pemilik yang ingin bersaing di jalan balap atau motorcross bisa membeli kit untuk mengkonversi mesin untuk kedua jalan dan balap motorcross.

   
Pada tahun 1960 produksi telah meningkat 600% menjadi 138.000 sepeda motor. Di Jepang periode resesi yang diikuti selama Yamaha, dan produsen Jepang lainnya utama, peningkatan ekspor mereka sehingga mereka tidak akan begitu tergantung pada pasar dalam negeri.

   
Untuk membantu meningkatkan penjualan ekspor, Yamaha mengirim tim ke Grand Prix Eropa pada tahun 1961 tetapi tidak sampai musim 1963 bahwa hasil yang dicapai.

   
Setelah Perang Korea perekonomian Amerika berkembang pesat dan ekspor Jepang meningkat. Pada tahun 1962 diekspor 12.000 sepeda motor Yamaha. Tahun berikutnya ia 36.000 dan pada tahun 1964 produksi naik menjadi 87.000.

   
Pada tahun 1963 Yamaha telah menghasilkan batch kecil dari sepeda motor balap jalanan 250cc untuk dijual, berpendingin udara, twin-silinder TDI. Sejak kemudian Yamaha telah membangun dan menjual sepeda motor yang bisa berlari berhasil "langsung dari peti", dan sebagai konsekuensi mesin Yamaha telah memenangkan ras jalan lebih dari make apapun lainnya, memperlihatkan Yamaha banyak publisitas.

   
Pada tahun 1965 produksi 244.000 unit, dibagi sekitar 50/50 antara rumah dan penjualan ekspor. Salah satu kelemahan terbesar bagi penjualan dua-stroke adalah bahwa pengendara harus campuran minyak dengan gas mereka. Teknisi Yamaha dicapai suatu prestasi teknis utama dengan pengembangan dan pengenalan sistem autolube baru.

   
Pada dasarnya sebuah tangki minyak yang makan pelumas untuk pompa yang meteran minyak ke ujung besar, bantalan utama dan silinder barel. Ini terbukti sangat handal dan tidak jauh dengan minyak dan gas pencampuran di setiap mengisi.

   
Pabrik pertama dibuka di luar negeri di Siam pada tahun 1966 untuk memasok Asia Tenggara. Pada tahun 1967 produksi Yamaha melampaui bahwa dari Suzuki dengan 4.000 di 406.000 unit. Yamaha mendirikan sebuah memimpin dengan pengenalan motor trail pertama benar "yang 250cc silinder tunggal DTI". Perusahaan ini juga mengembangkan dua liter, enam silinder, double overhead camshaft sport unit mobil untuk Toyota Motor. Yang terbukti sangat membantu ketika Yamaha diproduksi sendiri kinerja tinggi sepeda motor empat-stroke.

   
Pada tahun 1969 Yamaha membangun jalan ukuran sirkuit balap penuh dekat pabrik utama mereka di Iwata.

   
Pada tahun 1970 jumlah model telah diperluas untuk 20 mulai dari 50cc ke 350cc, dengan produksi 574.000 sampai dengan mesin, 60% dari yang untuk ekspor. Tahun itu Yamaha memecahkan dua-stroke tradisi mereka dengan meluncurkan pertama mereka empat-stroke motor, XSI kembar 650cc vertikal dimodelkan pada si kembar yang terkenal Triumph.

   
Yamaha menyadari potensi jangka panjang dari mesin dua-stroke dan terus mengembangkan dua-stroke sepeda, berkonsentrasi pada mesin 400cc dan di bawah.

   
Pada tahun 1973 produksi atasnya satu juta (1.000.000) sepeda motor per tahun untuk pertama kalinya, meninggalkan cara Suzuki belakang di 642.000 dan penangkapan di Honda 1.836.000. Selama 1970 teknisi Yamaha terkonsentrasi pada pengembangan empat-stroke model yang dirancang untuk lulus semakin meningkat undang-undang emisi gas buang dan menjadi lebih ekonomis daripada dua-stroke yang telah membuat keberuntungan Yamaha.

  
Selama bertahun-tahun sepeda motor Yamaha memproduksi beberapa kurang berhasil:


  •     Kembar TX750 tahun 1972.
  •     Para TX500 overhead camshaft ganda, empat katup per silinder, kembar 1973.
  •     Para XS750 poros-drive, ganda camshaft overhead-silinder, tiga 1976.
  •     Dan XS Sebelas, empat silinder tahun 1977, adalah pada saat sepeda terbesar diproduksi oleh produsen Jepang.
  •     Lain empat-stroke lebih sukses, terutama.
  •     Para XT500 satu silinder sepeda trail 1976.
  •     Dan XS350-overhead camshaft tunggal, kembar.



   
Pada 70 itu RD silinder kembar model olahraga merupakan sukses besar serta air yang didinginkan RD250LC dan RD350LC versi yang menggantikan mereka di tahun delapan puluhan yang berdasarkan ras TZ sepeda terkenal.

   
Produksi pada tahun 1980 adalah 2.214.000, dengan penjualan ekspor 1.383.000. Pada tahun 1980-an perusahaan memperkenalkan empat model XJ kompak silinder, mulai dari 550cc ke 1100cc. Tidak ingin melewatkan apa pun perusahaan juga memperkenalkan 750cc berpendingin udara dan V-twin 1000cc model diikuti oleh XZ550 air didinginkan sepeda, pertengahan berat olahraga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar