Senin, 16 Januari 2012

Scoopy vs Fino, Siapa Nyontek Siapa…???


“Ahhh…. Yamaha Fino kan modelnya nyontek Scoopy,” kata seorang FBH. “Enggak dongggg…. nohhh…  di Thailand duluan Fino,” elak FBY. Perdebatan ini pasti akan terjadi, percaya deh…!!!
Lalu siapa nyontek siapa…??? Harusnya secara silsilah kalau dilihat dari tanggal lahir. Yamaha Fino memang duluan nongol di Thailand, kalau enggak salah tahun 2005-2006. Sedang Scoopy baru muncul di Thailand pada 2009, dan launching di Indonesia Mei 2010.
Tapi itu di Thailand. Enggak banyak penduduk lokal, khususnya yang tidak terlalu maniak otomotif, apalagi yang masih belum terjamah internet, yang tahu fakta tadi. Sepertinya, image Fino contek Scoopy masih akan terus melekat. Jadi jangan sakit hati kalau ada yang bilang Fino nyontek Scoopy, yang sabar aja ngejelasinnya, hehehe…!!!
Lantas, penting gak sih siapa duluan siapa…??? Kalau P2R sih melihatnya lebih pada value yang diperoleh konsumen. Misalnya pada kasus Honda New Blade yang digembar-gembor nyontek New Jupiter Z. Tapi malah lebih laku. Laku karena nyontek…??? Enggak juga, tapi laku karena value!!!
New Blade punya beberapa keunggulan dibanding New Jupiter Z, misalnya konsumsi BBM-nya lebih bagus, punya boks bagasi lebih besar dan kelir Repsol Honda-nya cukup diminati seiring kemenangan Honda di MotoGP. Juga harga yang lebih murah, beda Rp 400-600 ribuan.
Balik ke Fino dan Scoopy. Kalau menurut P2R sih tinggal dilihat saja, mana yang memiliki value sesuai target konsumen matik retro. Bisa dari fitur, konsumsi BBM, performa, handling dan harga.
Berhubung belum pernah naik Fino, jadi belum bisa memprediksi mana yang labih baik. Kita tunggu aja apa kata pasar sepeda motor Indonesia. Wokeyyyy…. para fans boyyy…..!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar