Sabtu, 14 Januari 2012

Tampang Rangka Monocoque Ducati 1199 Panigale

Kalau selama ini kita hanya melihat Ducati 1199 Panigale dalam kondisi tertutup. Full fairing dengan desain yang eksotis. Matanya sipit dan lekukan bodinya ramping dinamis. Pasti penasaran juga kan sama jeroannya…?? Seperti apa sih rangka monocoque yang selama ini digembor-gemborkan. Nah, buat yang penasaran silahkan lihat sendiri.
Ducati menciptakan motor ini tanpa rangka atau sasis yang utuh menyatukan roda belakang dan depan. Tapi menjadikan mesin sebagai bagian dari rangka. Pada 1199 Panigale ini tanpa mesin, roda depan dan belakang akan terpisah sendiri-sendiri.
Karena roda depan dan sokbraker depan melekat pada komstir. Komstir ini sekaligus jadi air box. Komstir melekat ke mesin. Begitu juga dengan swing arm yang memegang roda belakang dan rangka belakang dudukan jok, keduanya juga nempel di mesin.
Konon dengan rangka ini bobotnya bisa lebih ringan ketimbang rangka deltabox atau turbular konsvensional. Tapi kelemahannya, menurut teman yang mekanik Ducati Indonesia adalah; “Kalau buka kepala silinder harus lepas sokbreker depan, repot banget,” katanya.
Wkwkaaaa… Derita pada mekanik deh, hehehe….!!!
**********

 Kreeeeeeeeeeeeeeennnddddddddddddddddddd....!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar