Kamis, 19 Januari 2012

Cerita di balik Ducati Desmosedici

Ducati meninggalkan adegan Grand Prix racing pada awal 1970-an. Selama bertahun-tahun kelas 500 pada dasarnya kelas untuk dua-stroke motor, sebuah teknologi rekayasa yang jauh dari empat-stroke mesin jalan akan dijual oleh Ducati. Teknis aturan berubah pada tahun 2002, memberikan prioritas kepada empat-stroke mesin dan membelokkan kelas 500 Racing World Road ke Kejuaraan MotoGP. Ducati ini yakin untuk membuat kembali banyak ditunggu ke trek di kelas MotoGP baru.Desmosedici kronologi di Museum DucatiSejarah Ducati klasik didasarkan pada Double L Twin with two-cylinder, menggunakan teknologi Desmodromic katup. Awalnya, Ducati mempertimbangkan kemungkinan untuk menciptakan sebuah MotoGP 'super-kembar', mengambil keuntungan dari regulasi MotoGP yang memberikan mesin silinder kembar penurunan berat badan yang cukup besar selama empat, lima atau enam-silinder sepeda. Namun, analisis menunjukkan bahwa mesin silinder kembar tidak akan mampu menghasilkan jumlah yang diperlukan kekuasaan, lebih dari 230 hp (170 kW), tanpa berlebihan meningkatkan jumlah revs. Kembar A akan harus rev di lebih dari 17000 rpm, tetapi ini akan memerlukan stroke sangat pendek dan membosankan yang sangat besar, sebagai hasil pembakaran menghasilkan masalah mungkin.Dasar dari desain mesin Desmosedici karena itu adalah dua klasik Double L Twin with two-cylinder , membuat Triple L Twin dengan dua silinder Membelai pada waktu yang sama (juga disebut Pulse Twin). Dengan empat katup per silinder, jumlah katup adalah enam belas - Desmosedici berarti distribusi dengan enam belas katup Desmodromic dipersingkat dalam bahasa ItaliaDesain telah dimulai pada tahun 2001, sepeda motor ini diresmikan pada tahun 2002 GP Italia di Mugello, untuk digunakan di musim berikut MotoGP World Championship. Vittoriano Guareschi, Ducati Corse tes-rider, mengikuti setiap tahap proses pengembangan Desmosedici dari pengujian awal untuk melacak debutnya dan evolusi proyek. Pada tahun 2007, pilot Ducati Casey Stoner, yang mengendarai Desmosedici, diperoleh pertama Ducati MotoGP World Championship Judul. 
GP3Sementara masih berkomitmen penuh untuk Superbike balap, Marlboro Ducati Tim Loris Capirossi dan Troy Bayliss akan bersaing di semua putaran kejuaraan MotoGP 2003. Para GP3 Desmosedici cepat mencetak serangkaian hasil dengan Loris Capirossi, yang melangkah ke podium di putaran pembukaan kejuaraan di Jepang dan memenangkan GP Catalunya di Barcelona. Penunggang Capirossi finish di urutan keempat dalam klasemen kejuaraan final dan Bayliss keenam, sedangkan urutan kedua Ducati di klasemen keseluruhan Manufacturers ' 
GP4Pada tahun 2004 Desmosedici GP4, lagi di tangan Capirossi dan Bayliss, menjalani serangkaian modifikasi utama. Sebagian besar musim berlalu sebelum sepeda menjadi kompetitif, tapi musim menyimpulkan dengan kedua pembalap di podium.Pada 989 cc, atas kecepatan GP4 rekor dari 347,4 km / jam (215,9 mph) ditetapkan oleh Loris Capirossi di Tes IRTA di Catalunya, Spanyol.[Sunting] GP5Loris Capirossi mengendarai GP5 
GP5Versi GP5 berbaris untuk musim ketiga di MotoGP Ducati, dengan Bayliss digantikan oleh pembalap Spanyol Carlos Checa. Berkat perjanjian kerjasama dengan Bridgestone, Ducati akhirnya bisa memberikan kontribusi bagi pengembangan ban baru dan pada akhir musim Desmosedici menjadi mesin kompetitif. Bridgestone menemukan bahwa ban keras cocok sepeda lebih dari ban lembut untuk menciptakan pegangan - hanya menempatkan, yang memungkinkan untuk memutar roda belakang memberikan kontrol yang lebih baik. Capirossi meraih dua kemenangan di Grand Prix Jepang di Motegi dan di GP Malaysia di Sepang, sementara Checa mencetak penjepit finish 
GP6Diluncurkan di resor ski Italia Madonna di Campiglio, GP6 adalah versi lebih ringan dan lebih kuat dari GP5. Melibatkan aerodinamis lebih baik dan posisi bahan bakar yang lebih baik tangki, yang paling penting, meskipun lebih kuat, pengiriman mesin itu dihaluskan untuk membuat sepeda lebih ridable. Hal ini membuat sepeda lebih lambat pada kecepatan tertinggi, namun lebih cepat ke dalam, sekitar dan keluar dari sudut.Pembalap baru dengan Capirossi adalah pembalap Spanyol Sete Gibernau. Setelah mendorong tes musim dingin, GP6 Desmosedici meraih kemenangan pertama tahun 2006 dalam pembukaan GP di Jerez de la Frontera, Spanyol, diikuti dengan podium di Qatar. Capirossi memimpin kejuaraan untuk sementara singkat, tetapi pada awal Grand Prix de Catalunya di Barcelona, ​​motor Gibernau yang bertabrakan dengan Capirossi setelah Gibernau mengerem terlambat dan dikompresi tuas rem lebih lanjut setelah berdampak pada bagian belakang motor Capirossi itu. Kedua pengendara terluka dan berakhir di rumah sakit, dengan Gibernau mempertahankan tulang leher patah, dan keduanya melewatkan Grand Prix Belanda di Assen. Capirossi kembali di Grand Prix Inggris, sementara Gibernau digantikan oleh Alex Hofmann Jerman untuk Grand Prix Belanda, Grand Prix Inggris, dan juga Grand Prix Ceko setelah menjalani operasi tambahan. Dengan Gibernau absen selama putaran final musim ini di Valencia menyusul tabrakan dengan Casey Stoner, Ducati kenang Bayliss, yang baru-baru dinobatkan juara World Superbike. Perlombaan dimenangkan oleh Bayliss, kemenangan pertama MotoGP, dengan Capirossi mengambil tempat kedua untuk menyelesaikan 1-2 Ducati pertama. 
GP7Untuk tahun 2007, aturan MotoGP diubah untuk topi motor untuk perpindahan maksimum 800 cc. Sebagai tanggapan, Ducati GP7 yang dibangun. Spesifikasinya adalah: 800 cc sepeda, ganda L-Twin bermotor (4 Pulse Twin Cylinder), sekitar 168 kW (225 hp) pada 19000 rpm dan kecepatan yang lebih besar dari 330 km / jam atas (Dikonfirmasi 337,2 km / jam (209,6 mph) ) [kutipan diperlukan].Ducati memulai proyek untuk membangun 800 cc motor MotoGP sangat awal dan menurut balap kepala Ducati Filippo Preziosi, dengan Agustus 2006 Ducati sudah dibangun dua puluh 800 mesin cc dengan berbagai spesifikasi. Selain itu, versi awal sepeda itu melacak diuji untuk pertama kalinya selama awal Mei 2006. pengujian Publik dengan sepeda dimulai di Jalur Brno, Loris Capirossi di mana telah memenangkan hari sebelum naik GP6, pada 21 Agustus. Capirossi di pangkuan kali pada prototipe GP7 hanya 1,4 detik dari catatan waktu nya track set pada 990 cc GP6.Pengujian lebih lanjut dari GP7 di Motegi, Jepang, mengungkapkan bahwa mesin 800 cc bisa lari lap lebih cepat dari yang lebih tinggi-perpindahan sepeda 990 cc, dan mengadakan hampir keuntungan kedua atas sepeda motor tercepat berikutnya 800 cc, Honda ditunggangi oleh Dani Pedrosa.
800 cc era MotoGP resmi dimulai dengan lomba pertama MotoGP musim 2007, di Losail International Circuit di Qatar. Casey Stoner memenangkan perlombaan pada GP7 baru. Sepeda ini memiliki keunggulan kecepatan yang jelas atas atas sisa grid, karena output yang lebih tinggi ke motor nya. Sebuah track record yang baru ditetapkan pada GP7. Tempat penantang kedua dan lima kali juara bekas World, Yamaha Valentino Rossi, mengeluh bahwa "sayangnya, ada terlalu banyak perbedaan antara (kami) sepeda di lurus" dan "kami Yamaha tidak akan pernah pergi sebagai cepat pada lurus seperti Ducati." Kata-kata ini ternyata benar, karena GP7 menikmati keuntungan kecepatan tertinggi sepanjang musim, meskipun produsen lain (Yamaha, Honda, Kawasaki dan Suzuki) menutup kesenjangan secara signifikan pada akhir tahun. Stoner dan Bridgestone-bersepatu Ducati terbukti menjadi kombinasi top di MotoGP dan ia memenangkan kejuaraan dunia di Motegi, Jepang, pada tanggal 23 September 2007, empat balapan sebelum akhir musim. 

GP8Casey Stoner Ducati Desmosedici GP8Sebuah update evolusi dari desain GP7, [4] entri Ducati untuk MotoGP Kejuaraan Dunia 2008 itu diuji pertama pada Februari 2007.Untuk tujuan menghindari obrolan yang ditemui pada beberapa kesempatan dengan GP7, kekakuan dari frame GP8 itu diubah, meskipun rincian lebih lanjut dari modifikasi yang relevan tidak diungkapkan. Selain itu, dalam upaya untuk mengurangi efek dijelaskan sebagai "memompa", beberapa modifikasi geometri suspensi motor dibuat.Seperti pendahulunya GP8 berisi empat-silinder 800cc mesin dengan aktuasi Desmodromic dari 16 katup. Mesin telah meningkatkan respon mid-range dan top-end daya dibandingkan dengan yang dari GP7.Selama tahun 2007 Ducati menguji pengaturan kopling menghemat bahan bakar khusus yang terlepas kopling saat pengereman dan konsumsi bahan bakar berkurang, namun pengaturan tersebut tidak tergabung dalam GP8 sebagai pelumas dan bahan bakar lanjutan lainnya digunakan dengan GP8 diyakini memberikan penghematan bahan bakar yang sebanding, sekaligus mengurangi mesin internal gesekan dan meningkatkan daya maksimum.Dalam balapan sepeda memangkas mencatat kecepatan tertinggi 343,2 resmi km / jam (213,3 mph) pada 2008 sepeda motor Agung Cina Prix. Namun, dalam sebuah video dari ras yang sama, Casey Stoner terlihat mengendarai sepeda di kecepatan 347 km / jam (216 mph). 
GP9Ini adalah entri Ducati GP9 untuk Kejuaraan Dunia MotoGP 2009. Ducati mulai menguji di trek sebelum Mei 2008 Pada tanggal 9 Juni 2008, meluncurkan publik Ducati Desmosedici GP9 untuk pengujian di Circuit de Catalunya.Sebuah ciri khas dari GP9 adalah karbon serat chassis, yang mewakili suatu keberangkatan dari baja tradisional sasis Ducati teralis Meskipun sasis serat karbon diadili di pertengahan 1980-an, saat ini tidak ada tim balap MotoGP lainnya menggunakan mereka.Para GP9 mencapai kecepatan 348 km / jam di putaran kelima kejuaraan MotoGP di Mugello. 

GP10Pada tanggal 15 Januari 2010, Ducati memperkenalkan GP10 untuk musim MotoGP 2010. Pengembangan terkonsentrasi pada peningkatan panjang umur mesin, untuk tetap dalam batasan mesin baru, dan rideability. Paling menonjol, GP10 membuat penggunaan besar- Bang tembak Agar pertama kalinya sejak Desmosedici berubah dari 990cc ke kapasitas mesin 800cc. Ini juga fitur fairing didesain ulang, pertama kali terlihat di babak Estoril 2009. 

GP11

Pada tanggal 12 Januari 2011, Ducati memperkenalkan GP11 untuk musim MotoGP 2011. Sepeda akan berpacu dengan Valentino Rossi dan Nicky Hayden.

Ducati Desmosedici GP11 SpesifikasiMesinJenis
Mesin: Liquid-cooled, 90 derajat, V4 4-stroke dengan 16-katup, DOHC Desmodromic Pemindahan: 799 cc 
Pengapian: Magneti MarelliBahan
Bakar: Shell Racing
V-PowerPelumas: Shell Advance Ultra 4Karburasi langsung Magneti Marelli injeksi elektronik, empat badan throttle dengan injector di atas katup kupu-kupu.
Throttles dioperasikan oleh EVO TCF (Throttle kontrol dan Saran)
sistemMaksimum daya: Sekitar 170 kW (230 hp) 
Maksimum kecepatan: Sekitar 350 km / h (220 mph) 
Exhaust TermignoniTransmisiTipe: 6-speed kaset-jenis gearbox, dengan rasio gigi alternatif yang tersedia 
Drive primer: GearKopling: Kering multi-pelat kopling sandal
Akhir drive: Regina RantaiChassis dan gigi berjalan
Bingkai Jenis: Karbon sasis serat 
Suspensi depan: Öhlins terbalik garpu depan 48 mm 
Suspensi belakang: Öhlins shock absorber belakang, adjuster untuk redaman pre-load, kompresi dan rebound 
Depan / belakang roda: 16,5 inci depan dan belakangDepan / belakang ban: BridgestoneRem depan: Brembo, dua 320 mm cakram depan karbon dengan empat piston kaliper
Rem Belakang: Brembo, baja stainless belakang cakram tunggal dengan dua kaliper piston 
Kering Berat: 150 kg (330 lb)
 Kapasitas bahan bakar: 21 l (4,6 imp gal; 5.5 US gal) 

GP12

Pada tanggal 7 April 2011, diumumkan bahwa Valentino Rossi dan Nicky Hayden akan menguji model baru 2012 di Jerez, akhir pekan bahwa.Valentino Rossi akan naik versi 2012 motor Ducati, dengan mesin destroked ke kapasitas 800cc diizinkan (untuk kejuaraan 2011) dari TT 2011 Belanda dalam upaya untuk mengubah mengecewakan tim musim 2011 sekitar. Sepeda baru adalah nama kode yang GP11.1.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar