Kamis, 19 Januari 2012

Komparasi Spesifikasi Yamaha Vixion, R15 dan Honda CBR150

Honda CBR150 vs Yamaha R15
Setelah Yamaha R15 v2.0 resmi diluncurkan di India, dan spesifikasinya telah terungkap..maka kita di Indonesia yang belum kebagian jatah launching R15 setidaknya bisa melakukan komparasi awal terhadap spesifikasi motor sport di kelas 150 cc ini. Berikut adalah
komparasi spesifikasi kecil-kecilan yang ane coba sarikan dari berbagai sumber.
Komparasi CBR150 vs R15
Nah, dari tabel komparasi di atas (jika kurang jelas silakan di klik untuk memperbesar), mari kita bedah satu persatu. Dimulai dari dimensi silinder CBR 150 yang memiliki bore lebih besar dari R15 (63.5 mm vs 57 mm) menunjukkan karakter R15 yang lebih torqy, ganas di RPM bawah. Sementara CBR150 disinyalir cenderung bertaring di RPM atas. Meskipun demikian, enjin DOHC CBR150 tak pelak lagi tentu memimpin dari segi performa.
Yamaha R15 (sumber: zigwheels.com)
Dari segi dimensi, CBR150 juga jelas lebih lebar dan panjang, ini berakibat pada penampakan motor yang lebih gagah. Jangan heran jika sepintas orang tak bisa membedakan CBR150 dan CBR250 jika melintas. Wheelbase yang lebih pendek pada CBR150 juga memungkinkan manuver yang lebih gesit, didukung dengan caster angle sebesar 25 derajat. Ditilik dari segi ergonomis pun, CBR150 lebih bersahabat bagi mereka yang bertubuh tidak terlalu tinggi.
Honda CBR150 (sumber: zigwheels.com)
Berat CBR yang lebih ringan jelas berakibat pada power to weight yang lebih besar, namun menimbulkan “instability” pada kecepatan tinggi, disamping itu menurut website ZigWheels, Yamaha R15 cenderung lebih stabil dan lincah pada saat melibas tikungan.
Tentunya komparasi di atas kertas tak akan afdol hingga ada acara test ride langsung dan membandingkan kedua motor di waktu yang sama sehingga riding impression akan dapat jelas terasa.
Dari hati kecil ane, sebenarnya ada satu lagi motor yang cukup layak dikomparasi dengan kedua jagoan sport 150cc ini yaitu Suzuki FXR150, spesifikasinya bejaban dengan CBR150 dan teknologinya betul-betul melangkahi masanya (waktu itu). Sayang sekali salah satu motor legendaris Suzuki itu harus layu sebelum berkembang.. :(
Last..dari segi penampilan, ini jelas subjektif, namun ane pribadi menilai CBR150 lebih ganteng dari R15. Bagaimana pendapat bro n sist sekalian..?
Monggo di share..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar