Kalau
selama ini kita hanya melihat Ducati 1199 Panigale dalam kondisi
tertutup. Full fairing dengan desain yang eksotis. Matanya sipit dan
lekukan bodinya ramping dinamis. Pasti penasaran juga kan sama
jeroannya…?? Seperti apa sih rangka monocoque yang selama ini
digembor-gemborkan. Nah, buat yang penasaran silahkan lihat sendiri.
Ducati menciptakan motor ini tanpa rangka atau sasis yang utuh
menyatukan roda belakang dan depan. Tapi menjadikan mesin sebagai bagian
dari rangka. Pada 1199 Panigale ini tanpa mesin, roda depan dan
belakang akan terpisah sendiri-sendiri.
Karena
roda depan dan sokbraker depan melekat pada komstir. Komstir ini
sekaligus jadi air box. Komstir melekat ke mesin. Begitu juga dengan
swing arm yang memegang roda belakang dan rangka belakang dudukan jok,
keduanya juga nempel di mesin.
Konon dengan rangka ini bobotnya bisa lebih ringan ketimbang rangka
deltabox atau turbular konsvensional. Tapi kelemahannya, menurut teman
yang mekanik Ducati Indonesia adalah; “Kalau buka kepala silinder harus
lepas sokbreker depan, repot banget,” katanya.
Wkwkaaaa… Derita pada mekanik deh, hehehe….!!!
**********
Kreeeeeeeeeeeeeeennnddddddddddddddddddd....!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar