Yamaha New Scorpio
Meskipun PT. YMKI telah
merombak total baju besi alias bodinya, ternyata disektor mesin Yamaha
masih setia dengan mesin lamanya. Seperti Honda Tiger Revo yang masih
memakai mesin lama, mesin New Scorpio 225cc merupakan mesin generasi
awal Scorpio sejak dilahirkan dan sama sekali tidak ada pembaruan
teknologi maupun kapasitas mesinya, yah meskipun pihak pabrikan
mengklaim telah menambah teknologi yang lebih ramah lingkungan sehingga
mesin yang sekarang dijamin lebih irit konsumsi bbmnya. Jadi tenaga yang
dikeluarkan si kaljengking 225cc ini tetap seperti versi lawas sebesar
18,2PS.
Gapapalah meski mesin
belum diupgrade, Scorpio mania masih bisa terhibur oleh bodinya yang
kini tambah kekar, modern dan stylish. Gak seperti versi lawas yang
sudah kelihatan uzur dan gak bakalan bisa menyaingi Honda Tiger Revo dan
Bajaj Pulsar200 apalagi Minerva Magelli Naked 250. Lampu depan bulat
kini sudah dianggap kuno dan digantikan desain yang lebih atraktif
seperti adik-adiknya Yamaha Vixion dan Byson. Desain lekuk tangki serupa
byson ini makin menambah kesan berotot meskipun sebenarnya isi tangki
mengecil dibanding versi lawas, bentuk buritan lancip dan knalpot lebih
gambot dari pada versi sebelumnya yang keliatan sangat cupu. Sayangnya
Yamaha lagi-lagi gak berani menambahkan rem cakram belakang dan 6
percepatan untuk menandingi Honda Tiger Revo. Kelebihan lain Yamaha New
Scorpio sudah memakai suspensi monoshock tidak seperti Tiger dan Pulsar
yang masih setia dengan double shock.
Sayangnya ukuran ban
depan-belakang New Scorpio masih sama dengan versi lama jadi kelihatan
cingkrang, malah lebih “kurus” dibandingkan si adik Byson. Dengan total
penambahan dimensi bodi yang makin membesar, bobotnya pun tambah gendut
jadi 141kg, harganya pun makin tinggi 1,5 jeti (klaim Yamaha) jadi
sekitar Rp23.550.000,- on the road Jakarte.
Ini dia spesifikasi lengkapnya:
• Harga : Rp23.550.000 (estimasi)
• Tipe Mesin : 4 Langkah, 2 Valve SOHC, Berpendingin Udara
• Diameter Langkah : 70,0 x 58,0 mm
• Volume Silinder : 223 cm
• Perbandingan Kompresi : 9,50 :1
• Power Max : 13.4 kW@8.000 r/min (18.2 PS@8.000 r/min)
• Torsi Max : 17.5 Nm@6.500 r/min (1.78 kgf-m@6500 r/min)
• Transmisi : 5 Kecepatan (1-N-2-3-4-5)
• Tipe Rangka : Double Cradle
• Suspensi Depan : Teleskopik
• Suspensi Belakang : Lengan Ayun, Suspensi Monocross
• Rem Depan : Cakram
• Rem Belakang : Tromol
• Ban Depan : 80/100-18 47P
• Ban Belakang : 100/90-18 56P
• Panjang x Lebar x Tinggi : 2.025 mm x 765 mm x 1.095 mm
• Kapasitas Tangki : 13 Liter
• Berat Isi : 141 kg
Honda Tiger Revo
Hampir sudah pasti
semua orang di Indonesia ini gak ada yang gak kenal ma Honda Tiger,
motor macan yang dulu dinamai Tiger2000 ini bahkan bisa dibilang
“legenda hidup” karena kehebatanya mempertahankan keeksistenya didunia
motor sport tanah air. Bahkan dulu orang nganggap Honda Tiger ini
sebagai puncaknya motor Indonesia. Meskipun mendapat saingan berat dari
Suzuki lewat Thunder250 dan Yamaha Scorpio, Honda Tiger tetaplah merajai
dipasar motorsport kelas 200cc keatas.
Sekarang Suzuki sudah
menyerah meladeni pertarungan kelas moge 200cc keatas, tinggal Yamaha
yang akan jadi lawan berat si macan 200cc. Kalau Bajaj Pulsar200 dan
Minerva Magelli Naked 250 sih sepertinya masih jauh dari harapan untuk
menumbangkan si Tiger Revo ini. Pihak pabrikan Honda masih pede memakai
mesin lama sejak tahun 1996 model mesin 200cc milik si macan ini belum
pernah diubah total, hanya sedikit penambahan teknologi untuk mengikuti
perkembangan jaman.
Keunggulan Honda Tiger
Revo mempunyai varian lebih banyak ketimbang New Scorpio dan Pulsar200,
yaitu model single headlight dan double headlight, sehingga konsumen pun
bisa memilih sesuai selera mereka. Selain itu, kelebihan si tigi sudah
memakai rem cakram belakang tidak seperti Pulsar200 dan New Scorpio,
sayang melihat tenaga yang lebih kecil dibanding New Scorpio, Pulsar200,
dan Magelli Naked 250 harganya masih terlampau kemahalan mencapai
hampir 25juta rupiah.
Berikut spesifikasi lengkap:• Harga : Rp24.890.000 (OTR Jkt)
• Panjang X lebar X tinggi : 2.029 x 747 x 1.093 mm
• Berat kosong : 138 kg
• Tipe rangka : Pola Berlian
• Tipe suspensi depan : Teleskopik
• Tipe suspensi belakang : ayun pegas ganda dengan tabung oli
• Ukuran ban depan : 2,75 – 18 42L
• Ukuran ban belakang : 100/90 – 18 M/C – 56P
• Rem depan : Cakram hidrolik, dengan piston ganda
• Rem belakang : Cakram hidrolik, dengan piston tunggal
• Kapasitas tangki bahan bakar : 13,2 Liter
• Tipe mesin : 4 Langkah OHC, pendinginan udara
• Diameter x langkah : 63,5 x 62,2 mm
• Volume langkah : 196,9 cc
• Perbandingan Kompresi : 9,0 : 1
• Daya Maksimum : 16,7 PS / 8.500 RPM
• Torsi Maksimum : 1,60 kg.m / 7.000 RPM
• Gigi Transmsi : 6 kecepatan
• Pola Pengoperan Gigi : 1-N-2-3-4-5-6
Bajaj Pulsar200
Dengan desain yang benar-benar beda dibanding motor sport tanah air kebanyakan, Pulsar200 mampu menyihir para motorsport mania dan memecah kebosanan disain moge Indonesia yang cuman “gitu-gitu” aja. Selain disain, teknologi yang dipakai motor Bolliwood ini juga benar-benar baru dan beda yaitu memakai 2 busi dan 2 katup yang mirip dengan teknologi mesin mobil Honda Jazz IDSI. Teknologi yang dinamai DTS-i ini diklaim merupakan satu-satunya di dunia motor dan berfungsi menghemat bahan bakar sekaligus meningkatkan tenaga.
Dengan desain yang benar-benar beda dibanding motor sport tanah air kebanyakan, Pulsar200 mampu menyihir para motorsport mania dan memecah kebosanan disain moge Indonesia yang cuman “gitu-gitu” aja. Selain disain, teknologi yang dipakai motor Bolliwood ini juga benar-benar baru dan beda yaitu memakai 2 busi dan 2 katup yang mirip dengan teknologi mesin mobil Honda Jazz IDSI. Teknologi yang dinamai DTS-i ini diklaim merupakan satu-satunya di dunia motor dan berfungsi menghemat bahan bakar sekaligus meningkatkan tenaga.
Sayang sekali meskipun
memakai disain dan teknologi apik, moge india ini masih belum bisa
diterima konsumen motorsport tanah air, karena kekawatiran tentang
kualitas, suku cadang, dan harga jual kembali.
Spesifikasi lengkapnya:• Harga: Rp21.050.000 (OTR)
• Volume langkah: 198.8 cc
• Perbandingan kompresi: 9.5:1
• Tenaga Maksimal: 18 ps
• Torsi Maksimal: 17.17 Nm
• Tipe Mesin: 4 Tak DTS-i
• Transmisi: 5 percepatan
• Tipe Rangka: Double Cradle
• Ban depan: 90x90x17-49P
• Ban belakang 120/80×17-49P
• Rem Depan: Cakram 260mm
• Rem Belakang: Tromol
• Suspensi Depan: teleskopik 130mm
• Suspensi Belakang: Nitrox
• Panjang: 2.035mm
• Lebar: 750mm
• Tinggi: 1.165mm
• Berat kosong: 145kg
• Kapasitas tangki: 15 liter
Minerva Magelli Naked 250
Secara harga, motor ini
memang paling mahal diantara ketiga moge diatas, tapi jika dilihat dari
keseluruhan produk, moge ini sebenarnya berharga terjangkau dan sangat
murah jika dibandingkan moge sport tulen asal Jepang seperti Kawasaki
ZX250.
Dengan harga terpaut
sekitar 1jutaan dari Honda Tiger Revo, sudah dapat motor dengan
spesifikasi layaknya motorsport sejati, seperti mesin 250cc terbesar
dibanding kontestan lain, rangka tubular ala Ducati Monster, dan desain
motor eropa banget, seperti knalpot yang menyembul dibawah jok,
motorsport ini menawarkan sensasi moge eropa sejati dengan banderol
murah. Apalagi dengan kapasitas mesin paling besar, moge asal Inggris
ini bertenaga paling beringas sebesar 20,5PS dengan torsi 6000RPM. Yah
meskipun masih jauh jika dibandingkan Kawasaki ZX250, maklum harganya
terpaut puluhan juta ma si moge ijo itu.
Sekedar info, dinegeri
asalnya British sampai sekarang Magelli Naked justru belum dipersenjatai
mesin 250cc melainkan cuma 125cc, sedangkan versi 250cc masih menyusul.
Wah ketinggalan ma disini dong hehe…
Yuk lihat spesifikasinya:• Price Rp26.100.000 (OTR JKT)
• Engine Type SOHC, Air Cooled with Advanced Balancer Shaft
• Bore x Stroke (mm) 72,5 x 59,8
• Displacement (cc) 247
• Compression Ratio 10,2:1
• Max Power (Hp/RPM) 20,5/8500
• Max Torque (NM/RPM) 18/6000
• Gear Transmission 5 Speed
• Gear Shift Pattern: 1-N-2-3-4-5
• Frame Type Multi Twin Spar Trellis Configuration
• Suspension Front Telescopic
• Suspension Rear Mono Shock
• Wheel Front Rim 2.75×17
• Wheel Rear Rim 3.50×17
• Type Front 100/70 x 17
• Type Rear 130/70 x 17
• Fuel Tank Capacity 11 Lt
• Height 1.040mm
• Length 1.990mm
• Widht 825mm
• Weight 122kg
*Ket. OTR = On The Road
Ikuti Polling “Memilih motorsport kelas 200-250cc”
Tidak ada komentar:
Posting Komentar