Sabtu, 28 Januari 2012

Adu Jotos Yamaha New Scorpio Z vs Honda New Tiger Revolution vs Bajaj Pulsar 200DTS-i vs Minerva Magelli 250 Naked


Yamaha New Scorpio
Meskipun PT. YMKI telah merombak total baju besi alias bodinya, ternyata disektor mesin Yamaha masih setia dengan mesin lamanya. Seperti Honda Tiger Revo yang masih memakai mesin lama, mesin New Scorpio 225cc merupakan mesin generasi awal Scorpio sejak dilahirkan dan sama sekali tidak ada pembaruan teknologi maupun kapasitas mesinya, yah meskipun pihak pabrikan mengklaim telah menambah teknologi yang lebih ramah lingkungan sehingga mesin yang sekarang dijamin lebih irit konsumsi bbmnya. Jadi tenaga yang dikeluarkan si kaljengking 225cc ini tetap seperti versi lawas sebesar 18,2PS.
Gapapalah meski mesin belum diupgrade, Scorpio mania masih bisa terhibur oleh bodinya yang kini tambah kekar, modern dan stylish. Gak seperti versi lawas yang sudah kelihatan uzur dan gak bakalan bisa menyaingi Honda Tiger Revo dan Bajaj Pulsar200 apalagi Minerva Magelli Naked 250. Lampu depan bulat kini sudah dianggap kuno dan digantikan desain yang lebih atraktif seperti adik-adiknya Yamaha Vixion dan Byson. Desain lekuk tangki serupa byson ini makin menambah kesan berotot meskipun sebenarnya isi tangki mengecil dibanding versi lawas, bentuk buritan lancip dan knalpot lebih gambot dari pada versi sebelumnya yang keliatan sangat cupu. Sayangnya Yamaha lagi-lagi gak berani menambahkan rem cakram belakang dan 6 percepatan untuk menandingi Honda Tiger Revo. Kelebihan lain Yamaha New Scorpio sudah memakai suspensi monoshock tidak seperti Tiger dan Pulsar yang masih setia dengan double shock.
Sayangnya ukuran ban depan-belakang New Scorpio masih sama dengan versi lama jadi kelihatan cingkrang, malah lebih “kurus” dibandingkan si adik Byson. Dengan total penambahan dimensi bodi yang makin membesar, bobotnya pun tambah gendut jadi 141kg, harganya pun makin tinggi 1,5 jeti (klaim Yamaha) jadi sekitar Rp23.550.000,- on the road Jakarte.

Ini dia spesifikasi lengkapnya:
• Harga : Rp23.550.000 (estimasi)
• Tipe Mesin : 4 Langkah, 2 Valve SOHC, Berpendingin Udara
• Diameter Langkah : 70,0 x 58,0 mm
• Volume Silinder : 223 cm
• Perbandingan Kompresi : 9,50 :1
• Power Max : 13.4 kW@8.000 r/min (18.2 PS@8.000 r/min)
• Torsi Max : 17.5 Nm@6.500 r/min (1.78 kgf-m@6500 r/min)
• Transmisi : 5 Kecepatan (1-N-2-3-4-5)
• Tipe Rangka : Double Cradle
• Suspensi Depan : Teleskopik
• Suspensi Belakang : Lengan Ayun, Suspensi Monocross
• Rem Depan : Cakram
• Rem Belakang : Tromol
• Ban Depan : 80/100-18 47P
• Ban Belakang : 100/90-18 56P
• Panjang x Lebar x Tinggi : 2.025 mm x 765 mm x 1.095 mm
• Kapasitas Tangki : 13 Liter
• Berat Isi : 141 kg
Honda Tiger Revo
Hampir sudah pasti semua orang di Indonesia ini gak ada yang gak kenal ma Honda Tiger, motor macan yang dulu dinamai Tiger2000 ini bahkan bisa dibilang “legenda hidup” karena kehebatanya mempertahankan keeksistenya didunia motor sport tanah air. Bahkan dulu orang nganggap Honda Tiger ini sebagai puncaknya motor Indonesia. Meskipun mendapat saingan berat dari Suzuki lewat Thunder250 dan Yamaha Scorpio, Honda Tiger tetaplah merajai dipasar motorsport kelas 200cc keatas.
Sekarang Suzuki sudah menyerah meladeni pertarungan kelas moge 200cc keatas, tinggal Yamaha yang akan jadi lawan berat si macan 200cc. Kalau Bajaj Pulsar200 dan Minerva Magelli Naked 250 sih sepertinya masih jauh dari harapan untuk menumbangkan si Tiger Revo ini. Pihak pabrikan Honda masih pede memakai mesin lama sejak tahun 1996 model mesin 200cc milik si macan ini belum pernah diubah total, hanya sedikit penambahan teknologi untuk mengikuti perkembangan jaman.
Keunggulan Honda Tiger Revo mempunyai varian lebih banyak ketimbang New Scorpio dan Pulsar200, yaitu model single headlight dan double headlight, sehingga konsumen pun bisa memilih sesuai selera mereka. Selain itu, kelebihan si tigi sudah memakai rem cakram belakang tidak seperti Pulsar200 dan New Scorpio, sayang melihat tenaga yang lebih kecil dibanding New Scorpio, Pulsar200, dan Magelli Naked 250 harganya masih terlampau kemahalan mencapai hampir 25juta rupiah.
Berikut spesifikasi lengkap:

• Harga : Rp24.890.000 (OTR Jkt)
• Panjang X lebar X tinggi : 2.029 x 747 x 1.093 mm
• Berat kosong : 138 kg
• Tipe rangka : Pola Berlian
• Tipe suspensi depan : Teleskopik
• Tipe suspensi belakang : ayun pegas ganda dengan tabung oli
• Ukuran ban depan : 2,75 – 18 42L
• Ukuran ban belakang : 100/90 – 18 M/C – 56P
• Rem depan : Cakram hidrolik, dengan piston ganda
• Rem belakang : Cakram hidrolik, dengan piston tunggal
• Kapasitas tangki bahan bakar : 13,2 Liter
• Tipe mesin : 4 Langkah OHC, pendinginan udara
• Diameter x langkah : 63,5 x 62,2 mm
• Volume langkah : 196,9 cc
• Perbandingan Kompresi : 9,0 : 1
• Daya Maksimum : 16,7 PS / 8.500 RPM
• Torsi Maksimum : 1,60 kg.m / 7.000 RPM
• Gigi Transmsi : 6 kecepatan
• Pola Pengoperan Gigi : 1-N-2-3-4-5-6
Bajaj Pulsar200
Dengan desain yang benar-benar beda dibanding motor sport tanah air kebanyakan, Pulsar200 mampu menyihir para motorsport mania dan memecah kebosanan disain moge Indonesia yang cuman “gitu-gitu” aja. Selain disain, teknologi yang dipakai motor Bolliwood ini juga benar-benar baru dan beda yaitu memakai 2 busi dan 2 katup yang mirip dengan teknologi mesin mobil Honda Jazz IDSI. Teknologi yang dinamai DTS-i ini diklaim merupakan satu-satunya di dunia motor dan berfungsi menghemat bahan bakar sekaligus meningkatkan tenaga.
Sayang sekali meskipun memakai disain dan teknologi apik, moge india ini masih belum bisa diterima konsumen motorsport tanah air, karena kekawatiran tentang kualitas, suku cadang, dan harga jual kembali.
Spesifikasi lengkapnya:
• Harga: Rp21.050.000 (OTR)
• Volume langkah: 198.8 cc
• Perbandingan kompresi: 9.5:1
• Tenaga Maksimal: 18 ps
• Torsi Maksimal: 17.17 Nm
• Tipe Mesin: 4 Tak DTS-i
• Transmisi: 5 percepatan
• Tipe Rangka: Double Cradle
• Ban depan: 90x90x17-49P
• Ban belakang 120/80×17-49P
• Rem Depan: Cakram 260mm
• Rem Belakang: Tromol
• Suspensi Depan: teleskopik 130mm
• Suspensi Belakang: Nitrox
• Panjang: 2.035mm
• Lebar: 750mm
• Tinggi: 1.165mm
• Berat kosong: 145kg
• Kapasitas tangki: 15 liter
Minerva Magelli Naked 250
Secara harga, motor ini memang paling mahal diantara ketiga moge diatas, tapi jika dilihat dari keseluruhan produk, moge ini sebenarnya berharga terjangkau dan sangat murah jika dibandingkan moge sport tulen asal Jepang seperti Kawasaki ZX250.
Dengan harga terpaut sekitar 1jutaan dari Honda Tiger Revo, sudah dapat motor dengan spesifikasi layaknya motorsport sejati, seperti mesin 250cc terbesar dibanding kontestan lain, rangka tubular ala Ducati Monster, dan desain motor eropa banget, seperti knalpot yang menyembul dibawah jok, motorsport ini menawarkan sensasi moge eropa sejati dengan banderol murah. Apalagi dengan kapasitas mesin paling besar, moge asal Inggris ini bertenaga paling beringas sebesar 20,5PS dengan torsi 6000RPM. Yah meskipun masih jauh jika dibandingkan Kawasaki ZX250, maklum harganya terpaut puluhan juta ma si moge ijo itu.
Sekedar info, dinegeri asalnya British sampai sekarang Magelli Naked justru belum dipersenjatai mesin 250cc melainkan cuma 125cc, sedangkan versi 250cc masih menyusul. Wah ketinggalan ma disini dong hehe…
Yuk lihat spesifikasinya:
• Price Rp26.100.000 (OTR JKT)
• Engine Type SOHC, Air Cooled with Advanced Balancer Shaft
• Bore x Stroke (mm) 72,5 x 59,8
• Displacement (cc) 247
• Compression Ratio 10,2:1
• Max Power (Hp/RPM) 20,5/8500
• Max Torque (NM/RPM) 18/6000
• Gear Transmission 5 Speed
• Gear Shift Pattern: 1-N-2-3-4-5
• Frame Type Multi Twin Spar Trellis Configuration
• Suspension Front Telescopic
• Suspension Rear Mono Shock
• Wheel Front Rim 2.75×17
• Wheel Rear Rim 3.50×17
• Type Front 100/70 x 17
• Type Rear 130/70 x 17
• Fuel Tank Capacity 11 Lt
• Height 1.040mm
• Length 1.990mm
• Widht 825mm
• Weight 122kg
*Ket. OTR = On The Road
Ikuti Polling “Memilih motorsport kelas 200-250cc”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar