Tercengang….nyaris
tidak percaya atas apa yang disuguhkan Bajaj. Sebuah pabrikan India
yang terkenal kolot dengan desain monoton kini sudah berani out of the
box. Cita rasa Eropa dihadirkan disana jauh meninggalkan gen lawas.
Yup…babak baru motor India telah dimulai….
Kuda besi dinamakan Pulsar 200NS
kepanjangan dari naked sport. Sebuah revisi total yang bisa dikatakan
new species. Dan sebagai informasi, kabarnya Pulsar
200NS hanya langkah
awal sebelum Bajaj merilis Pulsar 350cc twin silinder yang rencananya
bakal meluncur tahun depan. Pulsar 200NS dibekali mesin SOHC 3 busi, 4
klep, liquid cooled, 6 speed yang dikontrol oleh advanced Electronic
Control Unit. Oleh karena itu tidak heran walau hanya 200cc…muntahan
tenaga tembus 23,5BHP@9500RPM dan torque 18.3NM@8000RPM. Wiihhh…serem
bro. Apalagi bobot hanya 145kg…alias lebih ringan 5kg dibanding
generasi Pulsar 220 yang bertenaga 21BHP….
Untuk menjinakkan besarnya power, P200NS
dibekali sasis pressed steel perimeter frame dengan swing arm model
kotak yang diklaim 3 kali lebih kuat dari generasi lama. Kemudian tidak
lupa monoshock nitro dibenamkan pada kuda besi dengan tujuan
meningkatkan kestabilan pada kecepatan tinggi ataupun cornering. Anyway
berikut beberapa fakta tentang Pulsar 200NS……
1. 4-valve compression engine dengan
triple spark technology. Satu busi utama terletak diatas dan dua berada
pada kedua sisi. Pembakaran diklaim lebih cepat 15% sehingga memberikan
peningkatan power hingga 23.5BHP
2. Pendinginan mesin menggunakan liquid cooled, tranmisi 6 speed. Desain pelk dan monoshock nitro plus sasis full frame baru…
3. Desain piringan semi kembang untuk
melepas panas. Dengan ukuran lumayan besar yakni 280mm depan dan 230mm
belakang (jebule dah double disk mzbro )
5. Kabarnya kode NS untuk membedakan dengan versi fairing yang kemungkinan akan menyusul setelah brojolnya Pulsar 200 versi naked.
6. Satu-satunya didunia engine single
silinder dengan teknologi tiga busi. Klaim pabrikan tentang performa new
Pulsar 200NS lumayan membuat bulu kuduk bergidik. Yakni…
0-60 km/jam = 3.8 detik
0-100 km/jam = 9.8 detik
Top speed = 136 km/jam
Braking dari speed 60 km/jam = 16.33 meter
7. Tipe sasis adalah Twin spar perimeter
unit frame. Informasinya…..tabung suspensi depan, petal disk, karbu plus
komponen engine menggunakan part yang sama dengan KTM Duke series…
8. Unit motor baru akan tersedia didealer
sekitar April 2012. Banderol kemungkinan Rs. 95000 atau jika dikonversi
sekitar 18jutaan rupiah (sumber Motorbeam)
Dari fakta diatas untuk sementara, Pulsar
200NS merupakan satu-satunya motor yang memiliki PWR paling besar.
Desain Eropa, power sadis dan harga ekonomis. Kemudian yang patut
digaris bawahi adalah finishing. Yup…Bajaj telah selangkah lebih maju
mzbro. Setidaknya didalam gambar yang terpampang, Pulsar 200NS jauh
melompat dibanding generasi lawas. Last….monggo intip foto-foto terlampir dan silahkan berikan komentarnya….(DF)
Komparasi singkat Pulsar 200 NS vs Yamaha R15 V2.0 vs Karizma ZMRBikes | Karizma ZMR | Pulsar 200 NS | Yamaha R15 V2.0 |
Parameters | |||
Engine (in cc) | 223 | 200 | 150 |
Power (in BHP) | 17.6 | 23.5 | 16.76 |
Torque (in Nm) | 18.35 | 18.3 | 15 |
Weight (in kgs) | 159 | 145 | 136 |
Power To Weight | 110.7 | 162.1 | 123.2 |
0 – 100 kmph (in seconds) | 13.5 | 9.8 | 11.5 |
Top Speed (in kmph) | 126 | 136 | 130 |
Price (in Rs, ex-showroom, Delhi) | 95500 | 95000 | 107000 |
Cost Per BHP (in Rs) | 5426 | 4043 | 6384 |
Mileage (in kmpl) | 38 | 35 | 35 |
Noted : courtesy Motorbeam dan Bikeadvice
Tidak ada komentar:
Posting Komentar