Yamaha
sebaiknya ikutin cara Honda yang masuk ke banyak segmentasi konsumen
dengan banyak model. Cara ini terbukti bisa nekuk Yamaha. Paling mudah
lihatnya, silahkan intip kelasnya skutik. Yamaha yang dulu dicap rajanya
skutik, sekarang udah kesusul.
Bos-bos Honda yakin banget dengan banyak model, otomatis total pasar
akan berkembang menjadi lebih besar. Enggak peduli jumlah jualan tiap
model biasa aja, yang penting secara total menang dan banyak.
Saat ini Honda punya sedikitnya 10 model
skutik. Di kelas low end ada BeAT CW, BeAT SW dan Spacy Helm In CW,
Spacy Helm In SW. Naik dikit ada Spacy Helm In PGM-Fi, Scoopy dan Vario
CW. Meski ada tiga model di kelas yang sama, tapi masing-masing punya
segmentasi konsumen berbeda sesuai selera. Jelas sekali terlihat dari
modelnya.
Naik lagi di kelas Rp 15 jutaan ada Vario CBS (combi brake system)
Techno dan Vario Techno biasa. Paling mahal ada diposisi Honda PCX.
Sebenarnya masih ada celah sih, antara PCX dan Vario Techno masih kosong
nih!!! Mungkin akan diisi Vario 125 injeksi.
Bandingkan dengan Yamaha cuma punya Mio Sporty CW, Mio Sporty SW, Mio
Soul dan Xeon. Segmentasi konsumen yang dituju dicocok-cocokin. Kaya
Mio Sporty tuh, yang tag line-nya dibuat “suka-suka” maunya siapa aja
apa pun seleranya naik Mio aja. Sayangnya strategi ini kini ditabrak
Honda dengan banyak segmentasi banyak model.
Konsumen bisa memilih yang lebih sesuai dengan kebutuhannya. Butuh ke
pasar atau aktifitas dengan bawaan banyak bisa ambil Spacy Helm In, mau
bergaya retro pilih Scoopy, mau terlihat high end dengan motor bergaya
futuristik ada Vario Techno.
Langkah
yang dilakukan Yamaha belakangan ini, bakal meluncurkan Mio Fino dan
Mio J FI sebenarnya sudah tepat. Cara yang sama seperti yang dilakukan
Honda mudah-mudahan bisa mendongkrak penjualan. Tapi… kok rasanya tidak
cukup hanya dengan dua model tadi.
Dua model tadi masuk ke ceruk yang sudah ada musuh. Mio Fino ketemu
Scoopy, Mio J FI bisa jadi langsung head to head dengan Spacy Helm In
PGM-FI. Rasanya kok bukan untuk memenangkan persaingan, tapi hanya untuk
mengimbangi permainan Honda.
Kalau mau memenangkan permainan, butuh lebih. Butuh keberanian untuk
masuk ke pasar baru. Bukan pasar baru di kota itu, apalagi check in di
Bintang Baru, hahaa…!!! Tapi nyemplung ke blue ocean. Senjatanya…???
Yamaha masih punya dua skutik di Thailand yang belum dijajal masuk
Indonesia.
Ada Nouvo Elegance, skutik yang pakai roda ring 16 inci ini masih
punya banyak fans di Indonesia. Sekennya aja masih mahal loh. Dan
mayoritas pemakainya adalah pria, emang sih bentuknya gede jadi terlihat
gagah. Kan bisa aja masuk ke segmen yang hanya pria saja. Ini loh
matiknya cowo, kira-kira begitu.
Satu lagi adalah Yamaha Filano, bentuknya modern klasik. Meski
klasik, tapi desainnya eropa banget, bukan japanese retro seperti Scoopy
dan Fino. Gak mampu beli Piaggio Liberty atau Vespa LX bisa pilih ini,
hihihi…!!!
Kira-kira begitu bro… Monggo dikomentari… bro tholeee…. silahkan kalo ada tambahan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar