Minggu, 22 Januari 2012

Yamaha Boleh Copy Paste Strategi Honda, Halal Kok…!!!

Yamaha sebaiknya ikutin cara Honda yang masuk ke banyak segmentasi konsumen dengan banyak model. Cara ini terbukti bisa nekuk Yamaha. Paling mudah lihatnya, silahkan intip kelasnya skutik. Yamaha yang dulu dicap rajanya skutik, sekarang udah kesusul.

Bos-bos Honda yakin banget dengan banyak model, otomatis total pasar akan berkembang menjadi lebih besar. Enggak peduli jumlah jualan tiap model biasa aja, yang penting secara total menang dan banyak.
Saat ini Honda punya sedikitnya 10 model skutik. Di kelas low end ada BeAT CW, BeAT SW dan Spacy Helm In CW, Spacy Helm In SW. Naik dikit ada Spacy Helm In PGM-Fi, Scoopy dan Vario CW. Meski ada tiga model di kelas yang sama, tapi masing-masing punya segmentasi konsumen berbeda sesuai selera. Jelas sekali terlihat dari modelnya.
Naik lagi di kelas Rp 15 jutaan ada Vario CBS (combi brake system) Techno dan Vario Techno biasa. Paling mahal ada diposisi Honda PCX. Sebenarnya masih ada celah sih, antara PCX dan Vario Techno masih kosong nih!!! Mungkin akan diisi Vario 125 injeksi.
Bandingkan dengan Yamaha cuma punya Mio Sporty CW, Mio Sporty SW, Mio Soul dan Xeon. Segmentasi konsumen yang dituju dicocok-cocokin. Kaya Mio Sporty tuh, yang tag line-nya dibuat “suka-suka” maunya siapa aja apa pun seleranya naik Mio aja. Sayangnya strategi ini kini ditabrak Honda dengan banyak segmentasi banyak model.
Konsumen bisa memilih yang lebih sesuai dengan kebutuhannya. Butuh ke pasar atau aktifitas dengan bawaan banyak bisa ambil Spacy Helm In, mau bergaya retro pilih Scoopy, mau terlihat high end dengan motor bergaya futuristik ada Vario Techno.
Langkah yang dilakukan Yamaha belakangan ini, bakal meluncurkan Mio Fino dan Mio J FI sebenarnya sudah tepat. Cara yang sama seperti yang dilakukan Honda mudah-mudahan bisa mendongkrak penjualan. Tapi… kok rasanya tidak cukup hanya dengan dua model tadi.
Dua model tadi masuk ke ceruk yang sudah ada musuh. Mio Fino ketemu Scoopy, Mio J FI bisa jadi langsung head to head dengan Spacy Helm In PGM-FI. Rasanya kok bukan untuk memenangkan persaingan, tapi hanya untuk mengimbangi permainan Honda.
Kalau mau memenangkan permainan, butuh lebih. Butuh keberanian untuk masuk ke pasar baru. Bukan pasar baru di kota itu, apalagi check in di Bintang Baru, hahaa…!!! Tapi nyemplung ke blue ocean. Senjatanya…??? Yamaha masih punya dua skutik di Thailand yang belum dijajal masuk Indonesia.
Ada Nouvo Elegance, skutik yang pakai roda ring 16 inci ini masih punya banyak fans di Indonesia. Sekennya aja masih mahal loh. Dan mayoritas pemakainya adalah pria, emang sih bentuknya gede jadi terlihat gagah. Kan bisa aja masuk ke segmen yang hanya pria saja. Ini loh matiknya cowo, kira-kira begitu.
Satu lagi adalah Yamaha Filano, bentuknya modern klasik. Meski klasik, tapi desainnya eropa banget, bukan japanese retro seperti Scoopy dan Fino. Gak mampu beli Piaggio Liberty atau Vespa LX bisa pilih ini, hihihi…!!!
Kira-kira begitu bro… Monggo dikomentari… bro tholeee…. silahkan kalo ada tambahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar