Minggu, 22 Januari 2012

Masa Lalu Kisah Suzuki yang berawal dari Pemintalan Sutra dan Masa Depan Suzuki Di MotoGP 2012



Pada tahun 1909, Michio Suzuki mendirikan perusahaan pemintal. Bisnis Suzuki cukup booming seiring dengan banyaknya permintaan alat pemintal dari industri silk / sutera. Sukses dengan alat pemintalnya, Suzuki mencoba masuk ke dunia motorcycle. Pada bulan Juni 1952, Suzuki membuat engine untuk sepeda, yang disebut “Power Free”. Engine ini 2 stroke, 36cc, dan single cylinder. Motor ini mempunyai 2 sprocket system, dimana dimungkinkan seorang rider untuk ngontel dengan dibantu engine.
9 bulan kemudian… Power Free ini mempunyai two-speed transmission. Enginenya pun mengalami perubahan dengan diadopsikan engine 60cc, dan dikenal sebagai “Diamond Free”. Sejak ini pelan-pelan Suzuki mulai berkembang dalam pemanfaaatan teknologi motor, dan mulai terjun ke dunia motor dengan meninggalkan bisnis alat pintal tersebut. Di tahun 1954, Suzuki mulai mengembangkan real bike. yaitu Colleda CO. Sejak saat itu, perusahaan ini bisa memproduksi 6000 motor sebulan. Colleda CO ini menggunakan engine 90cc, single cylinder dan 4 stroke.

Tahun 1954, terjadi perubahan nama dari Suzuki Jidosha Kogyo (Suzuki Automotive Industry red.) menjadi Suzuki Motor Co. Ltd. Tahun 1955, mengeluarkan Colleda COX 125cc single cylinder 4 stroke. Colleda COX adalah motor dengan engine terbesar yang dimiliki oleh Suzuki. Juga dipopulerkan versi 2 stroke yaitu Colleda ST, dimana terjadi perubahan dari 90cc menjadi 125cc. Banyak terjual motor jenis ini, bahkan tahun 1959, type motor Colleda ini telah menggunakan electric starter, dimana pada waktu itu sudah termasuk maju dan membikin kaget kompetitor motor lainnya termasuk pabrikan dari Eropa.
(Sumber: http://triatmono.wordpress.com)

 Michio Suzuki (nama orang), adalah pemilik usaha yang membuat alat (peralatan)
untuk menenun Sutra...
Usaha ini di mulai pada tahun 1909an.


                                      Suzuki Power Free 36cc
                                        
 
                                       Suzuki Diamon Free 60cc

Seperti kita ketahui, setelah Perang Dunia ke 2 banyak, perusahaan-perusahaan
yang gulung tikar karena adanya krisis yang menyeluruh.
Begitu juga perusahaan Suzuki ini tidak luput dari masalah keuangan.
Akhirnya pada tahun 1952, Suzuki mencoba membuat Bracket untuk mesin tempel
pada sepeda Sepeda buatan Suzuki yang pertama dinamakan Power Free
(untuk kapasitas 36 cc), lalu dilanjutkan dengan Diamond Free (utk Kapasitas 60cc).


 
                               Suzuki COLLEDA 90cc



Dan pada tahun 1954, Suzuki mencoba membuat sepeda motor pertamanya dengan
nama COLLEDA 90cc. Tidak banyak yang bisa dilakukan Suzuki saat itu.
Sampai tahun 1960-an hanya memproduksi sedikit karena permintaan export
tidak banyak.

                                                                         Suzuki T-500


                                                                      Suzuki GT-500

Pada tahun 1967, Suzuki mencoba membuat T500 dan diexport
ke Amerika dan Inggris dengan nama Titan (USA) atau Cobra (Inggris).
Karena dinilai cukup sukses maka T500 terus dikembangkan sehingga menjadi
GT500 yang terus diproduksi hingga tahun 1977.



                                                                  Suzuki GS-750 E 
                                                                              

Sebenarnya tahun1971, Suzuki membuat GT750 (Water Buffalo) tapi tidak sukses
untuk pasar Superbike didunia pada saat itu.
Dilanjutkan pada Tahun 1976, Suzuki membuat GS750 sebagai perbaikan dari
GT750. GS750 ini sangat cepat menjadi populer (cukup sukses).




                                                                                                          
                                             
                                                                 Suzuki GS-1000

Kemudian dilanjutkan menjadi GS1000 pada tahun 1978.
GS 1000 ini mencapai sukses yang luar biasa dan sangat diterima market saat itu.
Kesuksesannya ada pada frame terlihat lebih kokoh dibanding motor-motor
lain saat itu. GS 1000 dikembangkan menjadi GSX 1000 ditahun 1980 dan
GSX 1100 Katana di tahun 1982
Disinilah Suzuki mencapai sukses besar karena model ini dikenal power full
(kencang larinya), style-nya yang modern, body ringan dan harganya yang
sangat kompetitif.

                                                                         Suzuki GSX-1000
                                                              Suzuki GSX-1100 katana

Pada tahun 1986, kembali Suzuki membuat gebrakan dengan model andalanya
GSX-R750 dan GSX-R 1100.
Wah.. yang ini terkenal sebagai motor super cepat pada saat itu, karena model
ini benar-benar mengadobsi motor balap beneran...
tapi memang diperuntukan dijalan raya... jadi ya.... kuenceng banget larinya.....
GSX-R750 terus diproduksi sampai saat ini ...(karena good sale),
Tetapi GSX-R 1100 Suzuki mengalami kerugian karena penjualan tidak baik,
dan distop produksinya.

                                                               Suzuki GSX-R 750
                                                                  Suzuki GSX-R 1100

Kemudian di tahun 1990an, GSX-R 1100 dicoba didesign ulang, tetapi tetap
kurang mencapai kesuksesan.
Maka pada tahun 1999, Suzuki membuat gebrakan yang kesekian kalinya dengan
memproduksi GSX-1300R yang kita kenal dengan nama HAYABUSA yang
sekaligus menjadi motor jalanan (street bike) yang tercepat didunia ...
karena kecepatan mencapai 310km/jam.
Note:
Masih banyak model-model Suzuki,
tapi yang kita bahas disini adalah yang menjadi model andalan Suzuki didunia...



                                 Suzuki GSX-1300 R Hayabusa



  Masa Depan Suzuki Di MotoGP
Tim Rizla Suzuki masih belum memastikan diri ikut MotoGP 2012/Getty Images
Tim Rizla Suzuki masih belum memastikan diri ikut MotoGP 2012/Getty Images
VALENCIA – Hingga seri terakhir Kejuaraan MotoGP 2011 di GP Valencia kemarin masih belum ada kepastian apakah tim Rizla Suzuki MotoGP akan mengikuti MotoGP tahun depan. Pada 2012 mendatang, MotoGP akan mulai memakai mesin 1.000 cc.

Tim manajer Suzuki, Paul Denning mengungkapkan timnya akan menjalani tes pasca-musim di Sirkuit Ricardo Tomo, Valencia usai GP Valencia kemarin. Namun, apakah mereka akan berkompetisi di ajang MotoGP 2012 mendatang masih belum bisa dipastikan.

Spekulasi terakhir yang beredar menyebutkan bahwa Suzuki akan absen dari ajang MotoGP 2012. Masa depan Suzuki di ajang MotoGP memang menjadi spekulasi sepanjang musim ini dan dilaporkan Dorna tengah berusaha keras untuk membujuk pabrikan asal Jepang tersebut tetap menjadi bagian dari MotoGP.

Sekalipun keikutsertaan Suzuki telah menjadi bahan perdebatan selama berminggu-minggu, Paul Denning mengatakan dirinya masih menunggu konfirmasi mengenai rencana masa depan Suzuki.

“Kami akan melakukan tes di sini, di Valencia pada Selasa dengan motor yang sekarang. Semoga kami akan mendapatkan pengumuman yang positif dalam waktu dekat ini,” kata Denning dikutip dari Crash, Senin (7/11/2011).

“Rizla Suzuki dan Alvaro Bautista tidak mencapai hasil yang kita bisa, atau seharusnya, tapi saya berharap kami bisa menunjukkan semangat yang menggebu-gebu dan potensi yang sesungguhnya,” tutur Denning.

“Saya ingin berterima kasih kepada Alvaro dan seluruh tim atas profesionalismenya yang konsisten dan antusiasmenya,” ujar Denning.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar