Rabu, 28 Maret 2012

Sedikit Mengupas Rumor Sistem Injeksi Close Loop Next New Vixion


Bro sekalian, menarik memang mengupas bocoran yang di share bro cakra Via Twitter kepada NDF, Taufik dan iwb . . . New Vixion disinyalir menggunakan sistem Close Loop pada sistem Injeksinya . . . maksute apa mas bro? . . . yup benar bahwa pada sistem Close Loop ini ada satu part yang ditambahkan pada sistem injeksi  . . . yakni sensor O2 . . . berarti Vixion sebelumnya belum menggunakan sensor O2 . . . Lho apa Gunanya nih Sensor O2?


jadi begini, Pada sistem Sistem Injeksi Close Loop ( kurva tertutup) maka setiap gas buang kendaraan, kualitas gasbuang nya akan selalu di pantau oleh ECU. ECU seperti memiliki seorang ‘satpam’ di garda terakhir yakni sensor O2 di knalpot . . . kalo campuran terlalu gemuk yang artinya terlalu banyak bensin (misalnya13:1) . . .maka si satpam akan lapor ke ECU dan ECU akan memerintahkan sistem pembakaran untuk menstabilkan rasio udara-bbm, dan sebaliknya Jika Si satpam menemukan campuran terlalu kurus alias kurang (misalnya 16:1) maka maka si satpam akan lapor ke ECU dan ECU akan memerintahkan sistem pembakaran untuk kembali untuk menstabilkan rasio udara-bbm. Kondisi stabil rasio udara-bbm (AFR=Air to Fuel Ratio )adalah 14,7:1

So yang diperoleh adalah Campuran Udara-bbm akan sealalu ideal di semua putaran yakni di angka rasio 14,7 : 1. Makanya itu para pengguna Vixion (termasuk juga dulu tmcblog) sering mendengar bahwa konsumen bisa ‘merequest’ setingan lambda yang berpengaruh pada nilai rasionya . . . so untuk Vixion baru nanti (jika benar sistemnya close loop) . ..  itu nilai lambda nggak bakalan bisa diotak atik tanpa mencopot sensor O2 yang biasanya diletakkan setelah manifold output. dan artinya juga, piggyback juga akan sedikit kesulitan untuk bisa menipu, karena ada si satpam yang selalu berjaga di garda terluar.

Lagi pula disinyalir sebenarnya tempat dari O2 sensor ini sejak lama sudah disiapkan oleh Yamaha, buat para pengguna vixion cek deh knalpot ori nya . . . itu ada semacam baut ditengah tengah leher knalpot . . . ditempat itulah disinyalir nanti O2 sensor diletakkan, cmiiw.
So apakah sistem Close Loop ini berarti Next Vixion akan menggunakan YMJET FI? NDF sinyalir nggak juga . . . setahu NDF sistem injeksi Vixion sudah cukup mumpuni, cek aja pengguna vixion, dapet berapa mileage bahan bakarnya   . . .pasti dah pada irit irit tho? (nanti kita bahas aspek ekonominya tentang ini) Sinyalemen awal, vixion akan tetap menggunakan sistem injeksi yang sama dengan vixion lama (belom YMJET Fi) . ..  bedanya hanya yang lama Open loop sehingga harus selalu di cek Lambda AFR nya dan dapat dengan mudah digocek pake piggyback . . . namun di Vixion baru nanti . . . lebih dijamin keramahan lingkungannya karena AFR nya selalu dijaga konstan oleh sang satpam O2 sensor. . . silahkan dikomentari dan semoga Berguna

Tidak ada komentar:

Posting Komentar