Jumat, 23 Maret 2012

Jika Next Soul GT tanpa Embel Embel Mio . . . Yamaha Makin All Out di Gender bending Brand Strategy ?



Bro sekalian, Kita masih ingat dipembahasan dulu bahwa Yamaha Mio Fino sangat sangat ditujukan untuk sekmen motor fesionnebel wanita. Yap karena hasil riset internal yamaha yang menghasilkan data bahwa awet banget kenaikan prosentase pengguna wanita Skutik AT.Tahun  2007 pun kaum hawa merupakan mayoritas  pengguna motor AT (41-an Persen) dan keadaan ini semakin meningkat sampai sampai di tahun 2011 kemarin dimana prosentase pengguna Motor AT mencapai 74,21% . Nah disinyalir Gender bending Brand Strategy banget kan? . .. bagaimana dihubungkan dnegan rencana penamaan Next Skutik yamaha yang yang tanpa embel embel MIO pekan ini ?


Menurut Lois Olson, pengajar San Diego University ‘sell on the sly”,bahwa ketika produk sangat spesifik untuk market, cara terbaik yang bisa dilakukan adalah mempertahankan pesan, pada medium apapun dan Fokus . ..  salah satu Pengejawantahannya juga adalah bahwa selain fokus memperhatikan Produk yang Khusus buat Wanita , Yamaha Juga harus Fokus membuat produk yang ditujukan untuk Pria. Nahhhh bisa jadi Yamaha Soul GT (atau apalah namanya nanti) merupakan salah satu jawabannya.

Selain itu yamaha sepertinya berusaha menancapkan lebih dalam Mindset Mio sebagai produk wanita . . . so ketika Soul di bubuhi embel embel Mio, maka disinyalir akan ada pencideraan mindset di sana, cmiiw . ..  hal ini seperti  apa yang dilakukan oleh (dulu) YMKI keika menamakan Yamaha Xeon . .. kenapa Nggak dinamakan Mio 125 seperti di Thailand . . . karena Midset mio juga telah di declare sebagai produk entry level yang berbandrol terjangkau . ..  so ketika ada mio lain yang dibandrol lebih tinggi, tentu brand ‘mio’ kembali terciderai . ..  cmiiw . . . Tapi di tataran teknis bisa jadi  berbeda ya . . . silahkan mas bro sekalian komentari dan semoga berguna

Tidak ada komentar:

Posting Komentar