Sabtu, 10 Maret 2012

Mugen Shinden, Jagoan Honda di Balap Superbike Bertenaga Listrik


Bertepatan gelaran Tokyo Motor Show 2011, P2R pernah menulis tentang Honda RC-E yang merupakan race concept bike bertenaga listrik. Sambil menunggu-nunggu RC-E lahir dan turun balap betulan, ternyata Mugen sudah bikin motor balap listrik duluan yang diberi nama Mugen Shinden.
Bagi yang belum tahu siapakah Mugen itu, P2R jelasin sedikit ya. Mugen merupakan perusahaan spesialis balap mobil yang didirikan oleh Hirotoshi Honda yang merupakan anak dari founder Honda Motor Company, Soichiro Honda.

Balik lagi ke motor balapnya sendiri. Mugen Shinden merupakan motor bertenaga listrik bertenaga 122 dk dengan berat 260 kg. Masih terbilang berat ya? Padahal Mugen telah membangun Shinden dengan rangka deltabox, swing arm dan bodi yang terbuat dari serat karbon. Memang hingga saat ini belum ditemukan cara untuk mengatasi masalah berat baterai yang jadi persoalan pelik di balap listrik.
Shinden akan menjadi andalan Mugen yang akan turun di Isle of Man TT kelas balap elektrik dengan pembalap John McGuinness. Tak cuma hanya ingin menang, Mugen juga menargetkan untuk memecahkan rekor average speed 160 kpj per lap yang hingga saat ini belum tersentuh.
Technical Specifications of the Mugen Shinden Electric Motorcycle:
Name: Shinden (神電)
Length: 2,125 mm
Width: 680 mm
Height: 1,130 mm
Wheelbase: 1,485 mm
Ground clearance: 130 mm
Seat height: 840 mm
Curb weight: 260 kg / 573 lbs
Caster angle: 23°
Trial length: 96 mm
Tire (Front): 120/70-ZR17M/C (58W)
Tire (Rear): 200/550ZR17M/C (78W)
Frame: CFRP Twin-Spar-Type
Motor Type: Three Phase Brushless DC motors
Horsepower: 90kW / 120hp
Torque: 220Nm / 162 lbs•ft
Battery: Lithium-ion Battery
Battery output: 370V or more

Tidak ada komentar:

Posting Komentar