Tapi, yang NDF tak habis fikir kok PT Yamaha Motor Kencana Indonesia tidak ikutan dalam persaingan motor fullfairing yah? padahal produknya di luar negeri sangat terkenal contohnya saja Yamaha YZF R125, Yamaha YZF R15, Yamaha YZF R6 dan paling fenomenal di antaranya motor pertama menerapkan sistem pembakarang yang di berinama "bigbang" tersebut adalah Yamaha YZF R1. ^_^"
tentu motor di atas mahal semua brow!
tapi, ada satu varian dari parian YZF, suatu produk yang kayaknya pas dengan kantong konsumen Indonesia. yaitu, Yamaha YZF R15 yang di India di bandrol di kisaran 19,5jutaan, kalo di indonesia tampangnya Yamaha YZF R15 yang persi pertamanya mirib dengan yamaha Vixion Indonesia.
Yang ngebedain kalo di mesin Yzf R15 make 6kecepatan, nah kalo si Vixion cuma 5kecepatan dan lepas dari itu semua sama injeksi dapur pembakaran SOHC satu silinder 150cc. sasis pun sama memakai Sasis Deltabox khas Yamaha, kalo dari segi body hampir persis sama yang membut berbeda di Vixion sedikit lebih minimalis saja.
Tapi sebelum kita lanjut coba kita lihat dulu perbandingan performa Yamaha YZF R15 yang di sandingkan dengan Honda CBR 150R, biar mazbrow sekalian tidak meraba-raba lagi tentang Performa kudabesi tersebut.
CBR 150R | YZF R15 | |
Mesin | 149.4 cc DOHC 1 silinder | 149.8 cc SOHC 1 silinder |
Dimensi (mm) | 1.977 x 701 x 1.130 | 1.970 x 670 × 1.070 |
Sumbu Roda (mm) | 1.310 | 1.345 |
Ground Clearance (mm) | 190 | 160 |
Berat kosong | 138 kg | 136Kg |
Suspensi depan | Telescopic | Telescopic |
Suspensi belakang | Tunggal monosok | Suspensi Tunggal (Monoshock) |
Ban depan | 100/80 - 17M/C 52P | 90/80-R17 |
Ban belakang | 130/70 - 17M/C 62P | 130/70-R17 |
Rem depan | Cakram Hidrolik piston Ganda | Cakram Hidrolik Piston Ganda |
Rem belakang | Cakram Hidrolik, dengan Piston Tunggal | Cakram Hidrolik, dengan Piston Tunggal |
Tangki | 13.1 liter | 12 liter |
Diameter x langkah | 63.5 x 47.2 | 57 × 58.7 |
Volume langkah | 149.4 | 149.8 cc |
Rasio Kompresi | 11.0 : 1 | 10.4 : 1 |
Daya Maksimum | 17,8 PS pada 10.500 rpm | 17 Ps pada 8.500rpm |
Torsi Maksimum | 12,66 Nm (1,29 kgf.m) @8.500 rpm | 15 Nm pada 7.500 rpm |
Kapasitas Minyak Pelumas Mesin | 1,0 Liter | 1,0 Liter |
Kopling | Wet Multiplate with Coil Springs | Wet Multiple-disc |
Gigi Transmsi | 6 Speed | 6 Speed |
Pola Gigi | 1 - N - 2 - 3 - 4 - 5 - 6 | 1 - N - 2 - 3 - 4 - 5 - 6 |
Starter | Elektrik Starter | Elektrik Starter |
Sistem Pengapian | Full Transisterized | Fuel Injection |
wajar dari segi perfotma Yamaha YZF R15 kalah dari si Honda CBR 150R, dari segi harga saja dapat di bandingkan di india Yamaha YZF R15 V2.0 saja berhenti di kisaran 19,5jutaan, tapi si Honda CBR 150R sedikit di atas menyentuh 21jutaan.
Hha.., dari pada galau mikirin si Vixion Vs R15 dan Cbr 150r Vs Yzf R15 kita lanjut kepokok bahasan "Mengapa R15 Hingga saat ini tak mengaspal di Indonesia???"
Ketika NDF klak-klik menemukan Info berikut di Detik.com
Tokyo - PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) memang sudah memastikan tak akan memasukan motor sport kelas 150 cc YZF-R15 ke Tanah Air setidaknya hingga 4 tahun kedepan atau 2014. Apa alasan utama Yamaha? GM Promosi dan Motor Sport PT YMKI Eko Prabowo mengatakan dalam roadmap line up produksi Yamaha yang akan dipasarkan di Indonesia, produk motor sport R15 tak masuk jajaran motor anyar. "Totally nggak (R15) karena saya sudah tahu masterplan-nya, saya pegang masterplannya, 4 tahun kedepan nggak ada," katanya di Hotel Shinagawa, Tokyo, Rabu malam (30/11/2011). Eko menuturkan alasan mendasar pihaknya tak memasukan motor sport yang cukup populer di India itu karena secara kebutuhan motor segmen tersebut sudah terpenuhi. V-Ixion dianggap masih bisa memenuhi harapan pecinta R15 di dalam negeri. "Itu sudah terpenuhi dengan adanya V-Ixion, dari sisi teknologi, sistem, fuel injection," katanya. Menurutnya yang membedakan V-ixion dengan R15 adalah pada body saja, khususnya fairing, yang melekat secara penuh di tubuh R15. Mekipun Eko memahami soal penantian pecinta motor Yamaha di Indonesia terhadap R15. Namun ia mengharapkan para konsumen bisa berkreasi sendiri dengan menambahkan fairing pada V-ixion yang secara langsung akan menyulapnya menjadi R15.
Yamaha R15 di India memang dibandrol kurang lebih Rp 19,8 juta atau setara 107.000 rupe. Harga ini memang tak jauh berbeda dengan harga V-Ixion di Indonesia.
Wah, ternayata kesimpulannya kita di paksa kreatif oleh PT Yamaha Motor Kencana Indonesia yah Brow...
Hha...
Silakan berkomentar dan memoga menikmati info yang saya berikan.
(NDF)
trus cari fairingnya dimana ya? Dealer2 resmi yamaha apakah menyediakan?
BalasHapus