Sebelum
jagad blogsphere heboh oleh kemunculan spyshoot motorsport yang
disinyalir new Vixion, ternyata sinyal-sinyal tersebut sudah dilontarkan
oleh para pengunjung warung…entah lewat kolom komentar ataupun
Facebook. Hanya sayang, NDF tidak ngeh atau lolos dari pantauan. Dan
dari sekian info yang masuk…..ada satu statement menarik yang
diungkapkan bro Dody46 pertanggal 12 Maret kemarin bahwa sikuda besi
jebule sudah berseliweran didaerah Cikarang Jawa Barat……..
Bro Dody46 mengatakan bahwa awalnya doi berpikir motor adalah Yamaha Byson. Ciri-ciri yang terekam dimemori…“menggunakan ban tapak lebar, double cakram, knalpot persis dengan gen R15″.
Beighhh…. cocok dengan spyshoot TMCblog yang brojol pada tanggal 14
kemarin. Berikut ungkapan bro Dody yang IWB copy paste dari komentar artikel Mio J….
Dari keterangan diatas, bisa diambil
kesimpulan bahwa karet bundar new Vixie memang jauh lebih besar.
Terbukti perawakannya sempat mengecoh bro Dody dengan berasumsi bahwa
kuda besi yang terpampang didepan mata adalah sikebo. Artinya…besar
kemungkinan pelk pun ikut melar mengimbangi ukuran ban. Yang kedua…motor
ini mungkin tidak sekedar ganti baju. Dengan kata lain bukan facelift
namun bisa disebut upgrade. Kenapa??….
Kalau facelift, untuk apa kudu wira-wiri
dijalanan. Sudah jamak test ride merupakan uji coba
endurance….durability engine serta tetek bengek yang berhubungan dengan
kinerja mesin menghadapi esktrimnya cuaca. Kecuali…penampakan memang
disengaja merupakan salah satu strategi pasukan garputala untuk
menunjukkan eksistensinya kepada para biker atas gen anyar. Terus gimana
kalau YIMM memaksakan diri dengan memakai engine lawas tanpa merubah
apapun??
Sama aja dengan bunuh diri mzbro.
Kalkulasi teknis engine sekarang tidak cocok untuk ban besar.
Konsekuensinya accelerasi jadi berat….sesuatu hal yang pasti dihindari
oleh pabrikan garputala karena tidak sesuai dengan DNA Yamaha yang
mengedepankan speed. Yang paling murah setidaknya bakal terjadi
perubahan gear ratio atau ukuran sproket plus remap ECU. Tapi itu saja
belum cukup jika engine yang hanya 150cc dipaksa menggunakan 5
gear…konsekuensinya top speed mengalami penurunan.
So IMHO…dengan ban besar, mapping ulang
ECU plus penambahan transmisi menjadi 6 speed adalah wajib hukumnya jika
ingin tetap mempertahankan performa Vixion seperti sekarang. Last..…saran buat YIMM, jangan sampai hanya karena mengejar tampilan visual lewat ban segambot Byson, akan
mencederai kemampuan engine siVixie yang sudah kadung melekat sebagai
motor kencang. Ban besar boleh, namun kencang adalah wajib hukumnya
untuk gen Vixion. Gimana menurut mzbro semua?…..monggo berikan
komentarnya…
Tidak ada komentar:
Posting Komentar