Suzuki
GSX1300R atau lebih dikenal dengan sebutan Hayabusa sempat disebut
sebagai motor tercepat di dunia. Hayabusa sendiri dalam bahas Jepang
berarti 'burung elang'. Kini Suzuki kembali menghidupkan motor
legendaris ini dengan sedikit sentuhan yang membuatnya jadi terlihat
lebih dinamis.
Sejak
generasi pertama yang diproduksi di tahun 1999, motor ini nyaris tak
mengusung banyak perubahan. Satu-satunya perubahan yang cukup drastis
adalah generasi tahun 2008 ini. Perubahan yang terjadi tidak hanya pada
sisi performa mesin saja, tubuh 'sang elang' ini juga mengalami sedikit
perbaikan.
Salah
satu yang cukup menonjol adalah panjang bodi yang bertambah sekitar 55
cm. Bila sebelumnya panjang motor ini hanya 2.140mm pada generasi 2008
ini Hayabusa memiliki panjang 2.195mm.
Secara global, desain bodi Hayabusa masih tetap sama. Bedanya hanya pada generasi 2008 ini Suzuki menambah detail lekuk tubuh 'sang elang' ini sehingga terlihat lebih ramping dan dinamis. Beda lain mungkin adalah pemasangan dua headlight yang dipasang saling bertumpuk. Sisanya bisa dibilang motor ini masih mengusung desain lamanya.
Secara global, desain bodi Hayabusa masih tetap sama. Bedanya hanya pada generasi 2008 ini Suzuki menambah detail lekuk tubuh 'sang elang' ini sehingga terlihat lebih ramping dan dinamis. Beda lain mungkin adalah pemasangan dua headlight yang dipasang saling bertumpuk. Sisanya bisa dibilang motor ini masih mengusung desain lamanya.
Perubahan
yang tak terlihat terjadi juga pada kapasitas mesin Hayabusa ini. Bila
sebelumnya mesin Hayabusa berkapasitas 1.299cc kali ini Suzuki memasang
mesin berkapasitas 1.340cc. Mesin empat langkah ini masih menggunakan
konfigurasi 16 katup seperti versi sebelumnya. Dengan mesin baru ini,
Hayabusa mampu menghasilkan tenaga sekitar 171 daya kuda dengan torsi
sekitar 102.3 lb·ft (139 N·m). Kabarnya, Hayabusa sanggup melaju hingga
kecepatan 299 km/jam.
Perbaikan lain yang terjadi adalah pada penerapan 4-2-1-2 exhaust system, swingarm yang menggunakan aluminum alloy serta garpu depan yang menggunakan upside down shock absorber dengan diameter 43mm.
Spesifikasi:
Mesin : 1340 cc (81.8 cu.in), 4-stroke, liquid-cooled, DOHC
Compression Ratio : 12.5:1
Fuel System : Fuel injection
Transmisi : 6-speed constant mesh
Panjang : 2190 mm
Lebar : 735 mm
Tinggi : 1165 mm
Ground Clearance : 120 mm
Wheelbase : 1480 mm
Berat : 260 kg
Suspension Front : Inverted telescopic, coil spring, oil damped
Suspension Rear : Linky type, coil spring, oil damped
Rem Depan : Disc brake, twin
Rem Belakang : Disc brake
Ban Depan : 120/70ZR17M/C (58W), tubeless
Ban Belakang : 190/50ZR17M/C (73W), tubeless
Kapasitas Tangki Bahan Bakar : 21.0 L (5.5/4.6 US/Imp gal)
Warna : Hitam/abu-abu, Abu-bu/Perak, Putih/Perak
Official Site : www.suzukicycles.com
Perbaikan lain yang terjadi adalah pada penerapan 4-2-1-2 exhaust system, swingarm yang menggunakan aluminum alloy serta garpu depan yang menggunakan upside down shock absorber dengan diameter 43mm.
Spesifikasi:
Mesin : 1340 cc (81.8 cu.in), 4-stroke, liquid-cooled, DOHC
Compression Ratio : 12.5:1
Fuel System : Fuel injection
Transmisi : 6-speed constant mesh
Panjang : 2190 mm
Lebar : 735 mm
Tinggi : 1165 mm
Ground Clearance : 120 mm
Wheelbase : 1480 mm
Berat : 260 kg
Suspension Front : Inverted telescopic, coil spring, oil damped
Suspension Rear : Linky type, coil spring, oil damped
Rem Depan : Disc brake, twin
Rem Belakang : Disc brake
Ban Depan : 120/70ZR17M/C (58W), tubeless
Ban Belakang : 190/50ZR17M/C (73W), tubeless
Kapasitas Tangki Bahan Bakar : 21.0 L (5.5/4.6 US/Imp gal)
Warna : Hitam/abu-abu, Abu-bu/Perak, Putih/Perak
Official Site : www.suzukicycles.com
Make Model
|
Suzuki GSX 1300R Hayabusa
|
Year
|
2011
|
Engine
|
Liquid cooled, four stroke, transverse four
cylinder, , DOHC, 4 valves per cylinder |
Capacity
|
1340
|
Bore x Stroke
|
81 x 65 mm
|
Compression Ratio
|
12.5;1
|
Induction
|
Fuel injection
|
Ignition /
Starting |
Electronic / electric
|
Max Power
|
146 KW 195.7 hp @ 9800 rpm
|
Max Torque
|
154 Nm @ 10200 rpm
|
Transmission /
Drive |
6 Speed / chain
|
Gear Ratio
|
1st 1.596 2nd 2.615 3rd 1.937 4th 1.526
5th 1.136 5th 1.136 |
Front Suspension
|
Inverted telescopic coil springs, spring preload, rebound and compression
damping fully adjustable. |
Rear Suspension
|
Link type, oil damped, coil springs, spring preload, rebound and
compression damping fully adjustable. |
Front Brakes
|
2x 310mm discs 4 piston calipers
|
Rear Brakes
|
Single 260m disc 1 piston caliper
|
Front Tyre
|
120/70 ZR17
|
Rear Tyre
|
190/50 ZR17
|
Seat Height
|
805 mm / 31.7 in
|
Dry-Weight / Curb
Weight |
220 kg / 260
kg (573 lbs) |
Fuel Capacity
|
21 Litres / 5.5
US gal |
Consumption average
|
16.3 km/lit
|
Standing
¼ Mile
|
10.2 sec
|
Top Speed
|
296.9 km/h
|
kira kira harga otr buat motor ini brapa ya ???
BalasHapus